Sebagai seorang product manager ataupun ui/ux designer dan Graphic Designer, Menggunakan jasa website-website untuk pembelian aset-aset digital merupakan salah satu cara untuk mempercepat pekerjaan. Oleh karena transaksi secara online atau transaksi digital menjadi sesuatu yang tidak bisa dipungkiri akan sering dilakukan. Hal ini membuat kita sebagai pelaku usaha harus menjadi seorang Nasabah bijak. Bijak mengetahui website-website yang digunakan dan bijak juga dalam melakukan transaksi di dalamnya.

Bagaimana cara untuk mengetahui hal tersebut? ada beberapa hal yang dapat dilakukan, salah satunya yang sedang dilakukan oleh BRI. Program BRI yang mana bernama penyuluh digital merupakan sebuah gerakan untuk mulai mengajari kepada masyarakat di Indonesia bagaimana sebaiknya menjadi seorang nasabah bijak dalam melakukan transaksi digital.

Program penyuluh digital dari BRI ini berharap memberikan informasi untuk mempermudah masyarakat di Indonesia untuk terbiasa melakukan transaksi digital menggunakan gawai yang mereka miliki. Tentunya dengan aman dan nyaman serta cepat.  

Tips and Trick saya bertransaksi digital

Sebagai salah satu penyuluh digital tentunya saya mencoba untuk memberikan tips and trick dalam melakukan digital transaksi yang mana sering saya lakukan untuk tidak membahayakan diri sendiri ataupun informasi pribadi yang saya miliki.

1. Gunakan website-website yang terpercaya

Bijak memilih website dalam bertransaksi digital

Kita mengetahui banyak situs-situs di dunia maya ini yang menawarkan jasa yang sama dengan harga yang beragam. Mulai dari yang mahal ataupun yang murah. Tentunya ini merupakan bagian yang harus kita pahami, mana website-website yang dapat kita percayai untuk melakukan transaksi digital.

Sebagai nasabah bijak kita harus mengetahui sendiri mengenai situs-situs yang akan kita gunakan untuk melakukan transaksi tersebut. Oleh karena itu mengetahui bahwa situs itu dapat kamu percayai atau tidak merupakan kunci utama untuk menjadi seorang nasabah bijak.

2. Read, think, and click

Nasah bijak dalam bertransaksi digital

Bagaimana saya mengetahui bahwa website tersebut dapat di saya percaya untuk melakukan proses transaksi digital? tentunya saya harus membaca beberapa hal dari website yang sedang dikunjungi. Mengetahui informasi mengenai website tersebut akan mempermudah saya untuk menyeleksi beberapa website yang terkesan membahayakan untuk kita.

Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah menggunakan website-website yang berasal dari negara kita sendiri yaitu negara Indonesia. Membaca dari mana pengelola website tersebut juga hal yang bisa menjadi salah satu cara saya untuk mengetahui bahwa website tersebut dapat saya percaya atau tidak.

Hal-hal yang harus kamu hindari dalam proses ini adalah membaca penawaran-penawaran yang mereka berikan. Jika terkesan terlalu bagus untuk menjadi sebuah kenyataan kamu dapat menghindari website tersebut.

3. One-way transaksi

Nasah bijak dalam bertransaksi digital

Menggunakan satu jalur dalam melakukan proses pembayaran merupakan cara saya untuk memproses transaksi digital yang saya lakukan. Menghindari menggunakan berbagai sumber dana untuk melakukan proses pembayaran digital tentunya bagian dari menjadi seorang nasabah bijak. Hal ini menghindari bocornya informasi yang saya miliki ataupun mengenai sumber dana yang saya punya dalam memproses transaksi yang saya inginkan.

Tiga hal tersebut merupakan cara utama saya untuk menjadi seorang nasabah bijak dalam melakukan proses transaksi digital. Tetapi tentunya tidak ada manusia yang sempurna dan jika terjadi keteledoran pribadi. Saya akan coba untuk langsung menghubungi layanan pembayaran yang saya gunakan untuk proses pembatalan transaksi digital yang saya gunakan.

Adapun hal-hal yang lain yang bisa kamu lakukan untuk menjaga informasi yang kamu miliki adalah dengan cara:

  1. Tidak membagikan password dan kata sandi yang kita miliki
  2. Menghapus , memblokir, dan atau melaporkan nomor atau email asing yang mengirimkan spam
  3. Mencari tahu mengenai nomor-nomor atau akun-akun resmi dari perbankan yang kita miliki

Saya berharap dengan informasi yang saya berikan ini dapat membantu kita terhindar dari kejahatan-kejahatan cyber. Sebagai mana yang kita tahu hal tersebut sedang marak terjadi. Tentunya ini  juga tergantung atas kita sendiri bagaimana kita harus bijak dalam menggunakan informasi yang kita miliki. Apalagi hal tersebut berhubungan dengan transaksi digital yang sekarang sudah menjadi sebuah budaya baru di negara kita ini.  Tetaplah menjadi nasabah bijak melakukan transaksi-transaksi digital yang akan kita lakukan.