Memulai karir di dunia UI/UX Designer pasti membutuhkan namanya Portfolio. Hal ini di karenakan recuiter membutuhkan acuan sebagaimana jauh skill yang kita miliki dalam bidang ui/ux.

Oleh karena itu pada kesempatan ini akan menginformasikan contoh-contoh portfolio dalam bidang ui/ux designer.

Screen Image

Screen image merupakan contoh dari portfolio UI/UX yang mana hanya menampilkan hasil dari design kita. Hal ini sering ditemukan jika kita mencari di google.

Keunggulan dari portfolio yang hanya menampilkan screen image yang kita desain adalah lebih menampilkan kemampuan kita dalam membuat layout sebuah aplikasi. Pada portfolio ini kita bisa memperlihatkan bagaimana skill kita secara layouting dan sebagaimana ahli kita membuat sebuah aset ataupun banner.

biasanya menggunakan platform

Kekurangan dan portfolio ini tentunya tidak memberikan informasi lebih lanjut mengenai informasi kenapa kita medesign tampilan User interface. Hal ini membuat orang hanya dapat melihat tampilan yang kita desian tanpa tahu alasan dibelakangnya.

UI/UX design merupakan cabang ilmu yang mempelajari kebiasan dari seorang user. dan tentunya mendesign tampilan user interface juga harus memikirkan hal tersebut.

Sebagai recuiter hal yang bisa dinilai dari portfolio berikut hanya keterampilan seorang design dalam membuat user interface.

Full Product/Prototype image

Portfolio dengan menampilan tampilan dari full product merupakan tampilan semua screen yang telah kita desain dalam satu bentuk image ataupun link prototype dari product tersebut.

Keunggulan dari menampilan screen dari keseleruhan product adalah kejelasan bagaiaman user flow dalam menggunakan aplikasi atau product nantinya. Hal ini jelas memberitahukan bagaimana user experience bekerja dengan user interface.

biasanya menggunakan platform berupa

Apalagi jika kita juga menyeterakan link prototype yang dapat di simulasikan oleh recuiter nantinya. Tentunya dengan memberikan prototype atau tampilan keseluruhan screen design yang kita miliki, akan memberikan yang namanya user flow.

adapun kekurangan dari Full product atau memberikan prototype adalah ketidak adanya informasi mengenai product yang kita desain. Kita mengetahui bahwa pada sebuah product terdapat tiga aspek, dan memberikan portfolio berdasarkan full product akan menjawab dua aspek ya itu secara technicalnya dan secara visualnya dan tidak menjawab secara bisnisnya.

Study Case

Synergy Studycase by Purva Chandurkar

Study case merupakan paket komplit yang mana seorang ui/ux designer memberikan alasan dari product yang mereka desain. Selain itu juga menginformasikan bagaimana tampilan user interfacenya dan juga user experience yang dimiliki oleh produk tersebut.

biasanya menggunakan platform

Keunggulan dari study case ini tentunya memberi tahukan bagaimana teknikal skill serta analytical skill yang dimiliki oleh seorang ui/ux designer. Menginformasi mengenai analisis kita terhadap sebuah produk yang kita miliki tentunya menjawab semua aspek yang ada pada sebuah produk.

Kekurangan dari jenis portfolio adalah tidak bisa ditampilan pada file yang dikirim pada recuiter. Tapi hal ini bisa kita ikut sertakan dengan memberikan link studycase yang kita miliki kepada recuiter.

Get notif with new course or article realted to Product Designe


Setelah mengetahui jenis-jenis portfolio untuk menjadi seorang ui/ux designer kita bisa memulai membuat salah satu dari tiga portfolio. Untuk memulai setidaknya kita bisa memberikan portfolio berupa screen image ataupun full screen. Jika anda merasa lebih ahli dalam meng-analisis sebuah produk study case merupakan pilihan yang tepat.

footer
Follow Me