Struktur merupakan bagian selanjutnya setelah kita mengerti batasan dan ruang lingkup dari produk yang kita desain. Di sini apa yang kita peljari seperti Hukum Miller, Fick, dan Hick di pake. Pembentukan struktur juga dilandasi pehaman dari prilaku dan pemikiran dari user yang nantinya digunakan. Oleh karena itu user test field yang dibahas distrategi juga akan gunakan.
Pada stage itu kita akan fokus pada
Interaction Design
hal ini merupakan bagian dimana kita membahas interaksi antara user dengan produk yang kita bikin. Mencangkup bagaimana menggunakan, menajalan, dan merespon dari semua navigasi ataupun asset yang ada pada produk. Kegiatan ini dapat dimudahkan dengan membuat conceptual model yang merupakan simulasi yang diginkan. Konsep dapat berbentuk ilustrasi kebutuhan, prioritas dan jangan lupa untuk memberikan kejelasan.
Information Architecture
Kegiatan architecture informasi merupakan kegiatan user memproses informasi yang terdapat pada produk yang kita miliki. Dengan menggunakan pengelompokan informasi yang telah kita bahas di Hukum Miller kita dapat menyampaikan informasi dengan baik.
Pemebentukan struktur merupakan pembentukan bagaimana user menggunakan produk yang kit ainginkan. Hal ini merupakan pembentukan secara visual dari Scoop yang telah kita bahas pada pembelajaran sebelumnya. Dengan membentuk sebuah struktur kita mulai mengelompokan informasi-informasi yang mana kita sampaikan atau berikan kepada user.
Hal ini juga bisa disebut dengan pembentukan Flow chart ataupun wireframe. Dengan adanya flow chart ataupun wireframe juga akan membantu atau menjadi guideline untuk melakukan tahap berikutnya. Selain itu dengan adanya flowchart juga akan menyingkat pembuatan produk.
Kesimpulan
Adanya sebuah infrastruktur juga akan membuat kita tetap pada jalannya. Walaupun hal tersebut sudah harus di tetapkan pada scoop tapi dengan adanya penjelasan lebih lanjut maka desain produk yang kita miliki tidak akan terlalu jauh dari apa yang seharusnya telah di tetapkan pada scoop.
“The user flow was complex enough that, without a diagram, nobody had found the bug or been able to resolve it. This glitch wasn’t a critical one, but if the login experience had been built with a solid user flow, the bug may never have occurred. And we would have avoided a handful of disgruntled customers.” Lucidchart