Sebagaimana kita tahu bahwa menjadi seorang UI/UX Designer membutuhkan perjalanan yang mudah untuk memulainya, tetapi membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk bisa memahami semua yang ada pada dunia UI/UX. Oleh karena itu pada artikel ini saya ingin mencoba untuk menjelaskan apa saja step yang akan dilalui oleh seorang yang ingin menjadi UI/UX Designer.

Fundamental, Fundamental, Fundamental.

Roadmap UI/UX Designer:Fundamental

UI/UX Designer merupakan jabatan yang menjembatani antar teknologi dengan design. Maka dari itu kita haru mengetahui bahwa untuk menjadi seorang ui/ux designer harus memahami beberapa fundamental.

Fundamental pertama adalah

Design Theory

Memahami desain teori merupakan fundamental pertama yang harus dipahami oleh orang-orang yang ingin menjadi UI/UX desainer. Fundamental yang harus dipahami adalah mengenai warna, tulisan, dan bentuk. Walaupun pada dasarnya kita sudah memiliki sense mengenai tiga hal tersebut tetapi memahami lebih lanjut akan membantu anda dalam dunia UI/UX.

Design Psychology

Menjadi UI/UX Designer tentu akan memaksa kita untuk mendesign sesuatu berdasarkan keinginan orang lain. Oleh karena itu dengan memahami Design Psychology akan mempermudah proses design yang akan dilakukan.

Contoh dari Design Psychology adalah memahami perilaku manusia, perilaku digital manusia, dan prilaku ekonomi. Memahami Design Psychology merupakan sebuah fundamental utama yang harus dipahami oleh seorang yang ingin menjadi UI/UX Designer. Tetapi anda tidak harus memaksakan untuk tahu dalam mungkin. Mengenal lebih dalam mengenai fundamental Design Psychology akan melanjutkan anda pada saat anda ingin level up di dunia UI/UX Designer.

Untuk surface level mengenai Design Psychology anda cukup mebaca mengenai

  • Law Of UX: merupakan aturan aturan yang akan membantu anda memahami mengenai Design Psychology.
  • Human Decision-making memahami kebutuhan user mengenai bagaimana dia memilih sesuatu akan membantu anda dalam membuat atau menetapkan sebuah elemen pada design yang anda buat.

Product Design

Roadmap UI/UX Designer: Fundamental Digital Product Designer
learn about UX process in Product Designer

Setelah mengetahui teori fundamental design saatnya kita mengetahui bagaimana kita menerapkan teori fundamental tersebut pada produk yang ingin kita buat.

Memahami fundamental mengenai bagaimana sebuah produk terbentuk akan membantu anda dalam memecahkan sebuah masalah. Oleh karena itu kita akan mencoba focus pada bagaimana memecahkan masalah dengan metode-metode design. Contohnya adalah.

Design Sprint

Merupakan metode brainstorming yang sangat unik. Design Sprint merupakan metode pencarian jawaban dari sebuah masalah dengan cepat. Biasanya hanya menghabiskan waktu kurang lebih dari lima hari.

Poin utama dair Design Sprint adalah

  • Understand: Memahami masalah yang akan dicari solusinya
  • Idea: Memunculkan beberapa solusi untuk menjawab masalah tersebut
  • Decide: Memilih dari berbagai banyaknya solusi untuk menjawab permasanlah tersebut
  • Prototype: pengimplementasian solusi dari permasalahan tersebut
  • Test: Mencari tau apakah solusi tersebut benar atau tidaknya.

Design Thinking

Merupakan proses yang mana memahami dan user dan memberikan solusi terhadap apa yang dinginkan oleh user.

Poin dari design thinking adalah

  • Emphatize: Membuat sebuah inovasi berdasarkan kebutuhan dari user yang kita miliki
  • Define: Mempriotiaskan kebutuhan dari berbagai macam kebutuhan user
  • Ideate: Memberikan solusi-solusi yang akan menjawab kebutuhan dari user
  • Prototype: pengimplementasian solusi dari permasalahan tersebut
  • Test: Mencari tau apakah solusi tersebut benar atau tidaknya

Setelah memahami fundamental secara teori dan bagaimana membuat sebuah digital produk. Anda siap untuk menjadi seorang UI/UX Designer. Hal ini merupakan ilmu yang harus dipahami dan dipelajari untuk bisa menjawab dan mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang akan anda lakukan saat menjadi seorang UI/UX Designer.

Get notif with new course or article realted to Product Designe

footer
Facebook | Instagram