Skeleton merupakan level ke empat dalam pembuatan sebuah produk. Disini kita mulai membuat sebuah bentuk dari produk yang telah kita kumpulkan dari strategi, scoop, ataupun struktur.

Pada skeleton kita bakal mulai tahu bagaimana bentuk dari produk yang kita bikin. Oleh karena itu kita akan mulai membahas tentang

Skeleton atau Rangka
Tiga bagian pada pembentukan skeleton

Interface design

Merupakan bentuk dari produk kita nantinya, Bagaimana warna yang kita gunakan, ataupun cara baca. Hal ini didapatkan setelah kita tahu bagaimana user atau persona kita pada tahap Strategi. Hal yang harus sangat diingat pada bagian ini adalah Consistensy pada setiap desain ya kita punya.

Pembuatan interface design kita dapat menggunakan hukun Jakob yang mana menyerupakan desain interface dengan produk-produk yang sudah ada. Hal tersebut juga akan mempermudah user untuk mengetahui dan mempelajari dari kegunaan pada interface yang kita buat.

Navigation Design

Hal ini merupakan bagian dari cara kerja semua asset yang kita miliki. bagaimana mereka pindah dari satu halam ke halam lainnya. Navigation desain merupakan elemen pada interface design yang akan menimbulkan Call to action. Dari contoh seperti button, form atau hal-hal lainnya yang membutuhkan user untuk melakukan tindakan.

Information Desain

Pada pembentukan skeleton maka kita dapat juga menggunakan hukum-hukum Miller yang mana kita mengatur jumlah informasi disetiap halamanya. Tentunya hal ini merupakan koloborasi dari UX dari UI desainer dalam membentuk desain setiap halam pada produk yang kita bikin.

Skeleton atau Rangka
Skeleton merupakan bagian dari UI dan UX

Kesimpulan

Pada pembuatan skeleton merupakan sebuah kolaborasi dari UI Designer dan UX designer dalam membuat jalurnya informasi. Dengan membentuk skeleton kita sudah mulai tahu bagaimana bentuk dari aplikasi atau produk yang sednag kita desain dan merupakan salah satu dari bagian terakhir dalam pembentukan sebuah produk.

Referensi

Skeleton desain

Belajar jadi UI/UX – Index