Setelah belajar mengenai Hukum Fitts, saatnya kita menyempurnakan hal tersebut dengan memahami hukum selanjutnya yang mana mengatur pada bagaimana user mengambil keputusan dalam UI/UX yang kita desain.

Hukum Hick merupakan hukum yang mempelajari kemudahan user untuk memngambil sebuah keputusan. Hal ini di pengaruhi orang banyaknya opsi yang disajikan oleh desainer untuk user. Hukum Hick menghitung waktu yang dibutuhkan oleh user dalam pengambilan keputusan tersebut.

Untuk terebut para desainer harus mendesain sebuah elemen untuk mempermudah user dalam penggunakan website. Kita dapat menggunakan hukum ini dengan mempertimbangkan tiga main poin dari Hukum Hick.

Tiga Main Point Hukum Hick

  • Menampilan opsi yang sedikit kepada user akan memangkan waktu user untuk mengambil keputusan.
  • HIndari penggunaan yang berlebihan dalam menyorot atau merekomendasikan opsi yang disarankan.
  • Menggunakan metode grouping dalam penyampaian informasi.
Hukum Hick Pada UI/UX
Gambar Hukum Hick UI/UX

Penggunaan Hukum Hick

Penggunakaan aturan akan sangat terlihat ketika kita kita mendesain sebuah landing page. Hal ini akan mempermudah user untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dan juga akan mempermudah terjadinya CTA. Penggunaan hukum ini juga dapat membantu user untuk tidak langsung keluar dari website yang kita miliki jika website yang kita tuju memiliki terlalu banyak informasi.

Dengan hanya menampilkan informasi yang utama akan membuat para user untuk lebih lama pada wesite yang kita miliki. Hal demikian juga membuat pengalaman atau perjalanan yang membuat user akan lebih lama mengakses website yang kita miliki.

Hick Sebelum Fitts

Dengan kita memikirkan dua hukum ini akan membuat user melakukan CTA yang benar. Setelah user mendapatkan infromasi yang mereka butuhkan dari penerapaan Hukum Hicks maka Hukum Fitts akan mempermudah user untuk melanjutkan perjalanannya di website kita.

Kesimpulan hukum hick adalah mengurangi stress pada user dengan melakukan pengelompokan pada informasi yang ingin kita sampaikan, dengan hal tersebut akan membuat user dapat mengakses informasi dengan gampang tanpa takut untuk melakukan kesalahan pada pengambil keputusan.

Referensi

Hick’s Law: Making the choice easier for users – https://www.interaction-design.org/literature/article/hick-s-law-making-the-choice-easier-for-users
Hick’s Law — quick decision making – https://uxplanet.org/design-principles-hicks-law-quick-decision-making-3dcc1b1a0632
Design principle: KISS the Feature creep – https://uxplanet.org/design-principles-kiss-the-feature-creep-7eb84b09603f

Belajar jadi UI/UX – Index